Daftar Blog Saya

Selasa, 15 Mei 2012

KKN Bersama untuk NKRI
Posted by : Humas Unib Senin, 19 Maret 2012 - 23:17:35 WIB

Mengukuhkan NKRI dapat wujudkan dengan kerjasama antar perguruna tinggi negeri, misalnya melalui KKN bersama dan program PERMATA (Pertukaran Mahasiswa se-Tanah Air).

Demikian itu disampaikan oleh Rektor Unib, Prof. Ir. H. Zainal Muktamar, M.Sc., Ph.D, dalam sambutan pembukaan acara Rapat kerja Pemantapan KKN bersama, penulisan Jurnal dan Publikasi Ilmiah BKS-PTN Wilayah Barat, di Ruang Rapat III, Senin (19/03).

Rektor menyampaikan bahwa setidaknya ada dua isu utama setelah reformasi di Indonesia, yaitu terkait dengan karakter mahasiswa dan bangsa ini, dan isu tentang karya ilmiah terkait dengan surat edaran dirjen dikti tentang kewajiban menerbitkan karya ilmiah mahasiswa ke jurnal ilmiah.

Persoalan karakter bangsa yang sering mengemuka adalah mulai lemahnya budaya gotong royong, kendurnya rasa empati sesama warga bangsa dan lain sebagainya. Peran perguruan tinggi adalah bagaimana agar mahasiswa dapat meningkatkan kembali rasa bergotong royong, empati dan kerjasama. Maka KKN dapat menjadi wahana belajar untuk membentuk karakter demikian.

“Melalui KKN, maka bermafaat bagi mahasiswa, perguruan tinggi bersangkutan, pemerintah daerah, LSM, dan lain-lain” ujar Rektor. Berkaitan dengan inilah maka peran Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Wilayah Barat sangat penting, dan ini telah dilakukan hanya perlu untuk terus ditingkatkan.

“Terkait dengan karya Ilmiah, BKS PTN Barat, secara substansial setuju bahwa perlu ada perubahan budaya dari budaya melihat dan mendengar menjadi budaya membaca dan menulis”, terang Rektor. Maka dari itu, lanjut Rektor, bahwa BKS PTN Barat dapat menjadi wahana untuk menggerakkan publikasi ilmiah dimana formulasinya didiskusikan bersama pada forum ini.[hms]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar